Pages

Rabu, 07 Agustus 2013

Jenis Jenis Penyakit Mata

jenis penyakit mata, sakit mata, obat sakit mata

 Jenis Jenis PenyakitMata

Mata adalah organ manusia yang sangat vital. Mata berfungsi sebagai organ penglihatan. Mengingat pentingnya fungsi mata, maka kita perlu menjaganya agar tetap dalam keadaan sehat.
Namun banyak sekali penyakit yang bisa membahayakan membahayakan kesehatan mata. Sekarang saya akan berikan penyakit-penyakit umum yang menyerang mata beserta ciri-cirinya:



1.      Beleken

Beleken adalah penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dan dibarengi oleh bakteri dan juga infeksi. Penderita penyakit ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut: mata merah, ada rasa nyeri dan linu, serta terjadi pembengkakan di bola mata. Pada saat terkena penyakit ini kotoran yang keluar dari mata juga akan meningkat, sehingga menyulitkan penderitanya untuk membuka matanya.
Penyakit ini sangat mudah menular melalui udara, melalui air mata penderitanya ataupun melalui barang yang pernah digunakan oleh penderitanya pada bagian mata. Pe nyakit ini biasanya banyak terjadi pada musim panas atau kemarau, karena pada saat itu banyak debu berterbangan, debu tersebut bisa menyebabkan iritasi pada mata. Saran saya usahakan jangan menatap langsung mata penderitanya, minimalkan kontak dengan penderitanya.
Bagi anda yang terkena penyakit ini dapat menggunakan obat tetes mata untuk pengobatan. Atau bisa juga menggunakan obat herbal seperti menggunakan air rebusan daun sirih untuk mencuci mata. Sebaiknya pada saat anda keluar beertemu orang usahakan menggunakan kaca mata untuk mengurangi kemungkianan seseorang tertular.


2.      Keratitis

Keratitis merupaka penyakit  mata yang disebabkan oleh jamur, tetapi bisa juga disebabkan oleh virus ataupun kuman. Penyakit ini sering menyerang para petani, tertutana pada saat panen. Ciri-ciri orang yang terkena penyakit ini adalah pandangan menjadi kabur, terdapat bercak putih di kornea mata. Kornea pada orang normal seharusnya bening, tetapi pada orang yang menderita penyakit ini pada korneanya terdapat bercak putih seperti koreng sehingga cahaya yang masuk ke kornea tidak dapat difokuskan. Itulah yang menyebabkan pandangan menjadi kabur.


3.      Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit yang terjadi karena tekanan pada cairan di mata meningkat sehingga menyebabkan mata menjadi menonjol seperti mau keluar. Hal itu menyebabkan syaraf mata yang berada di belakang mata menjadi rusak. Ciri-cirinya yaitu: pandangan yang kurang jelas dan menurunnya kemampuan melihat objek yang berad di samping. Penayakit ini sangant berbahaya karena bisa menyebabkan kebutaan pada penderitanya jika tidak segera diobati. 


4.      Iridosiklitis

Penyakit ini berasal karena ada lubang di gigi.Lubang di gigi akan ditumbuhi kuman yang menyebabkan penyakit ini terjadi. Ciri- ciri penyuakit ini yaitu: timbulnya rasa nyeri dan penglihatan menjadi kabur. Penyakit ini harus ditangani dengan cepat agar tidak bertambah parah. Kalau ditangani dengan baik mata akan kembali seperti normal. Dan jangan lupa untuk mengobati penyebab penyakit ini juga yaitu gigi yang berlubang.


5.      Katarak

Silahkan baca di sini


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About